“Bersama Kita Berantas Kanker Payudara, Demi Keluarga Bahagia”

“Bersama Kita Berantas Kanker Payudara, Demi Keluarga Bahagia”. Itulah tema yang diangkat Tim Puskesmas Kokap II dalam karnaval di Kecamatan Kokap. Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73, Kecamatan Kokap mengadakan kegiatan karnaval dengan rute start dari SD Sermo I dan finish di Kantor Kecamatan Kokap. Untuk menyemarakkan kegiatan tersebut, Puskesmas Kokap II mengikuti kegiatan tersebut sekaligus memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, tim karnaval puskesmas membagikan leaflet kepada para penonton terutama terkait masalah kanker payudara dan kanker serviks. Dimana kanker payudara merupakan salah satu prevalensi kanker tertinggi di Indonesia, yaitu 50 per 100.000 penduduk dengan angka kejadian tertinggi di D.I Yogyakarta sebesar 24 per 10.000 penduduk sesuai informasi dari Riset Kesehatan Dasar yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI tahun 2013. Sementara itu, kanker payudara termasuk dalam 10 penyebab kematian terbanyak pada perempuan di Indonesia dengan angka kematian 21,5 per 100.000 penduduk

Selain itu, Puskesmas Kokap II juga mengikut sertakan tim P3K dan mobil pusling untuk membantu kegiatan karnaval untuk mengantisipasi kejadian tidak diinginkan baik dari peserta karnaval maupun penonton.

Hits: 18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *