Gerakan Serentak (Gertak) PSN 3 M Plus di Wilayah UPTD Puskesmas Kokap II

Gerakan Serentak (Gertak) PSN adalah gerakan yang dilakukan secara serentak dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk dengan melakukan 3 M plus diantaranya Menguras, Menutup dan Mengubur serta mendaur ulang/ memanfaatkan barang barang bekas agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk.

Gertak PSN 3 M Plus menjadi upaya untuk mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD) dikarenakan adanya kasus DBD yang terjadi di Wilayah Puskesmas Kokap II yang notabene bukan daerah endemis DBD namun Malaria. Selain untuk mencegah DBD, kegiatan ini juga sekaligus untuk mengendalikan kasus yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk.

Pada hari Jumat, 22 Februari 2019. Kegiatan Gertak PSN diawali di kecamatan Kokap dengan penandatanganan komitmen lintas sektor dengan harapan kegiatan gertak PSN ini bisa diteruskan setiap hari Jumat selama 4 minggu berturut-turut sejak tanggal 22 Februari 2019 dan dilanjutkan menjadi kegiatan rutin setiap minggu agar lingkungan masyarakat bebas jentik nyamuk dan bebas penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Kegiatan komitmen tersebut langsung dipimpin oleh Camat Kokap Warsidi.

Selanjutnya kegiatan Gertak PSN dibagi menjadi 2 Tim ke Desa Hargotirto dan Hargowilis. Kegiatan di masing-masing Desa dipandu oleh tim kesehatan Puskesmas, bidan desa, JSD (Juru Surveilans Desa), Tim Desa, Tim Kecamatan, Babinsa dan Babinkamtibmas. Kegiatan Gertak PSN di desa juga diawali dengan pembacaan komitmen oleh Kepala Desa dan penandatanganan komitmen. Kegiatan Gertak PSN dilakukan di lingkungan balai desa, LKM, SD Pantaran. Untuk JSD langsung menuju wilayah dusun masing-masing dengan sasaran 10 rumah/instansi/tempat umum dengan form pelaporan pencarian jentik baik di dalam rumah maupun luar rumah meliputi bak mandi, tempayan dan lain-lain. Selanjutnya pelaporan langsung dikirim ke bagian kesra kecamatan.

Hasil dari kegiatan Gertak PSN saat berita ini ditulis sementara, di lingkungan balai desa Hargotirto tidak ditemukan jentik nyamuk di penampungan air maupun di tempat-tempat terbuka yang tergenang air.

Berikut tindakan 3 M Plus yang bisa dilakukan masyarakat secara mandiri, yaitu :

  • Menutup semua tandon air yang digunakan dan tidak mungkin dikuras.
  • Menguras tandon air dengan cara menyikat semua dinding agar telur nyamuk yang menempel bisa hilang .
  • Mengubur semua tandon air yang tidak digunakan. Bila tidak bisa dikubur, maka diposisikan terbalik atau diisi dengan tanah sampai penuh sehingga tidak memungkinkan air masuk ke tandon.
  • Menabur larvasida (abate) terhadap tandon air yang tidak mungkin dikuras dengan dosis 1 sendok makan untuk kurang lebih 100 liter air.

Hits: 12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *