GERMAS Pada Remaja dan Anak Sekolah

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Sasaran GERMAS kali ini adalah remaja dan anak sekolah. Selasa 9 Oktober 2018, GERMAS Pada Remaja dan Anak Sekolah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo bersama UPTD Puskesmas Kokap II di SMP Negeri 2 Kokap. Kegiatan Germas diawali senam bersama dilanjutkan cuci tangan dengan sabun, makan buah bersama, diskusi dan sosialisasi mengenai Germas di lingkungan sekolah.

Selain dari Dinkes Kulon Progo, Puskesmas Kokap II dan SMP 2 Kokap, kegiatan GERMAS ini dihadiri juga dari lintas sektor yaitu Kecamatan, Disdikpora, KUA, Polsek, Koramil, Desa dan masyarakat sekitar.

7 langkah/gerakan yang bisa dilakukan masyarakat dalam rangka membiasakan pola hidup sehat yaitu:

  1. Melakukan Aktivitas Fisik
  2. Mengonsumsi Sayur dan Buah
  3. Tidak Merokok
  4. Tidak Mengonsumsi Alkohol
  5. Memeriksa Kesehatan Secara Rutin
  6. Membersihkan Lingkungan
  7. Menggunakan Jamban

Dengan kegiatan GERMAS ini diharapkan para remaja dan anak sekolah dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta di masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi beban biaya kesehatan. Acara ini kemudian ditutup dengan menandatangani Komitmen Bersama Siap Mendukung dan Melaksanakan Germas.

     

Hits: 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *