“Kaderan” Desa Hargotirto

Kader Posyandu Kesehatan – Kader kesehatan adalah tenaga sukarela yang dipilih oleh, dari masyarakat dan bertugas mengembangkan masyarakat. (Definisi Menurut Depkes). Posyandu merupakan kegiatan nyata yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dari oleh untuk masyarakat yang dilaksanakan oleh kader-kader, yang ditugaskan adalah warga setempat yang telah dilatih oleh masyarakat. (Meilani, 2009)

Pada hari Sabtu, 2 Juni 2018 di Balaidesa Hargotirto dilaksanakan “Kaderan” atau pertemuan kader posyandu balita di wilayah Desa Hargotirto. Pada pertemuan kali ini disampaikan beberapa materi guna menambah pengetahuan para kader balita tersebut. Pertama dari petugas gizi Joko Purwanto, membagikan blangko untuk pelacakan gizi kurang dan buruk disertai dengan penjelasan dalam pelaksanaan pelacakan. Jika ditemukan gizi buruk, selanjutnya akan diadakan pendampingan bagi balita.

Selanjutnya Bidan Noor Syamsiyah melakukan pengecekan laporan bumil, bulin, penimbangan dan tumbuh kembang balita. Dilanjutkan penjelasan tentang bumil dengan resiko tinggi serta pemberian inovasi di Posyandu tentang buku sakti yang isinya pencatatan semua kegiatan kader dalam pengabdian tentang kesehatan ibu bayi balita di masyarakat. Materi lain yang disampaikan adalah materi penyakit campak oleh Widiarto dan penyampaian hasil pendataan kader untuk PHBS rumah tangga oleh Sahir.

Kegiatan “Kaderan” ini rutin dilaksanakan sebulan sekali baik di Desa Hargotirto maupun Desa Hargowilis yang menjadi wilayah kerja Puskesmas Kokap II. (NS)

Hits: 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *