Kelas Ibu Balita di Dusun Teganing II dan Teganing III

Sesuai kesepakatan musyawarah dengan Ibu balita, pada tanggal 8 dan 9 April 2018 di Dusun Teganing II dan Teganing III dilaksanakan Pertemuan Kelas Ibu Balita dengan mengangkat tema PHBS dan Tumbuh Kembang pada Bayi dan Balita. Kegiatan kelas ibu balita tersebut difasilitatori oleh Sahir, AMKL selaku petugas penyuluh kesehatan serta Noor Syamsiyah, A.MdKeb selaku Bidan.

Kelas ibu balita merupakan kelas dimana para ibu mempunyai anak berusia antara 0 sampai 5 tahun secara bersama-sama berdiskusi, tukar pendapat, tukar pengalaman akan pemenuhan pelayanan kesehatan, gizi dan stimulasi pertumbuhan dan perkembangannya dibimbing oleh fasilitator dengan menggunakan buku KIA.

Tujuan  Kelas Ibu Balita :

1. Tujuan Umum :

Meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dengan menggunakan buku KIA dalam mewujudkan tumbuh kembang Balita yang optimal.

2. Tujuan Khusus :

  • Meningkatkan kesadaran pemberian ASI secara eksklusif
  • Meningkatkan pengetahuan ibu akan pentingnya imunisasi pada bayi
  • Meningkatkan pengetahuan ibu dalam pemberian MP-ASI dan gizi seimbang kepada Balita
  • Meningkatkan kemampuan ibu memantau pertumbuhan dan melaksanakan stimulasi perkembangan Balita.
  • Meningkatkan pengetahuan ibu tentang cara perawatan gigi balita dan mencuci tangan yang benar
  • Meningkatkan pengetahuan ibu tentang penyakit terbanyak, cara pencegahan dan perawatan balita.

Kelas ibu balita kali ini diselenggarakan secara aktif dan partisipatif. Para ibu diminta untuk lebih aktif bertanya atau orang yang berkehendak serta didorong untuk bertukar pengalaman. Sehingga apa yang diharapkan ibu balita akan terjawab sesuai dengan yang dikehendaki. Sedangkan untuk fasilitator berperan sebagai pengarah kepada pengetahuan yang benar. (elha)

Hits: 62

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *