Komitmen Bersama Pokjanal DBD Kecamatan Kokap

Puskesmas Kokap II bersama dengan Puskesmas Kokap I melaksanakan koordinasi Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) DBD tingkat Kecamatan pada hari Kamis tanggal 31 Mei 2018 di Aula Kecamatan Kokap. Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta dari Dinas Kesehatan, Kecamatan Kokap, Polsek, Koramil, Kepala Desa, TP PKK serta Koordinator Kader yang ada di wilayah kecamatan Kokap.

Penyakit Demam Berdarah (DBD) merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang perlu mendapat perhatian, dan penyakit ini merupakan penyakit menular yang sering menimbulkan wabah dan kematian banyak orang yang disebabkan oleh virus dague yang di tularkan oleh nyamuk “aedes aegipty“. Untuk itulah, walaupun kecamatan Kokap bukan merupakan daerah endemis DBD, koordinasi pokjanal DBD ini tetap dilaksanakan. Kegiatan pokjanal DBD ini sendiri dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu tahun.

Tujuan koordinasi yang pertama dalam tahun ini diadakan adalah dalam rangka mengimplementasikan PSN 3M-Plus dengan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik sesuai dengan petunjuk teknis yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik.

Pada akhir acara pertemuan pokjanal DBD ini, ditutup dengan menandatangani komitmen bersama untuk menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing dengan baik. (elha)

Hits: 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *