Kunjungan Tim Review Malaria

KUNJUNGAN TIM REVIEW MALARIA KE UPTD PUSKESMAS KOKAP II

Oleh : dr. Saktining Wasesa

 

Puskesmas Kokap II adalah salah satu Puskesmas di Kabupaten Kulon Progo yang terletak di pegunungan Menoreh. Dengan kondisi geografis yang berbukit dan banyaknya aliran sungai yang ada, sangat baik untuk pertumbuhan nyamuk Anopheles yang merupakan vektor penular Malaria. Dalam upaya menuju Eliminasi Malaria, Kecamatan Kokap yang kewilayahan kesehatannya di bawah Puskesmas Kokap I dan Puskesmas Kokap II disamping Kecamatan lain di Pegunungan Menoreh merupakan ganjalan bagi Eliminasi Malaria Kabupaten Kulon Progo. Kabupaten Kulon Progo merupakan satu-satunya Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang belum eliminasi malaria. Oleh karena itu beban yang dirasakan oleh Puskesmas Kokap II pada khususnya dan Puskesmas wilayah Menoreh pada umumnya sangat berat.

Pada hari Kamis tanggal 17 Nopember 2016. Tim Review Malaria Pusat dari Kemenkes, WHO dan UNICEF datang ke Puskesmas Kokap II bersama Tim dari Dinas Kesehatan DIY dan Dinas Kesehatan Kabupaten datang ke Puskesmas Kokap II untuk melihat secara langsung kegiatan Penanggulangan Malaria Puskesmas Kokap II, permasalahan yang dihadapi serta tindak lanjut yang sudah dilaksanakan. Hanya satu Puskesmas yang dipilih untuk dikunjungi Tim Review Malaria untuk DIY.

Tim Review dipimpin oleh dr. Morteza Zaim dengan anggota dr. Priscilla Anastasia dari WHO, dr. I Nyoman Kumara Ray, Prof. Dr. Emiliana Tjitra, MPH, PhD, Drs. A.M. Meliala, SKM, MPH, dr. Thomas Suroso, MPH yang merupakan  national expert of Malaria, Ir. Awalludin Sutamihardja dari CCM,  Armunanto, MA dari UNICEF, Sri Budi Fajariyah, SKM, Yenny Sari, SE dari Subdirektorat Malaria Kemenkes. Adapun pendamping dari Dinkes DIY adalah Setyorini, SKM, M.Kes, Emi Rusdiyati dan Rega Dharmawan SKM dan pendamping dari Dinas Kabupaten adalah drg. Th. Baning Rahayujati, M.Kes,  Wilis Praseyo, SKM, MPH, Sugiarto, SKM, MPH dan Tri Nugroho Jatmiko, ST. Kepala Puskesmas Kokap I dr. Candra Safitri, Kepala Puskesmas Girimulyo II dr. Isti Alfradiantina, MPH juga hadir untuk menyaksikan jalannya review.

Dari Tim Puskesmas Kokap II yang mendampingi adalah Kepala Puskesmas dr. Saktining Wasesa, Koordinator UKM drg. Tri Kristantyo, P2 Malaria Sri Harjanto, AMKL, Petugas Surveilans Eny Padmiyati, S,ST, PJ Mutu sekaligus Coas Vektor Iwan Riswandi, AMdKep, Koordinator UKP dan PJ BPU dr. Violita Sulianti, Bidan Koordinator Cahyani Agustina, AMd.Keb, PJ Laboratorium Hadrotul Ma’wa, AMd, PJ Obat Ade Doni Irawan, PJ Aset Insana Prasetya, AMdKep,  Sekretaris Mutu 1 sekaligus PJ SIK Latiful Hakim, AMd dan JSD Kardiyono, Sunarto dan Daldiri.

Acara dibuka dengan pengantar dari drg. Th. Baning Rahayujati, M.Kes selaku wakil dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, dilanjutkan dengan perkenalan Tim Review Malaria oleh wakil dari Kemenkes yaitu dari Ibu Sri Budi Fajariyah, selanjutnya sambutan dari Ketua Tim Review dr. Morteiza. Acara selanjutnya adalah paparan kondisi umum dan kondisi Malaria terkini Puskesmas Kokap II dr. Saktining Wasesa.

Dalam paparan Kepala Puskesmas menyampaikan kondisi umum Puskesmas meliputi visi misi, tujuan, tata nilai, budaya mutu, tujuan, wilayah kerja, jenis pelayanan, fasilitas, ketenagaan, proses perencanaan, struktur organisasi, komunikasi internal dan eksternal, kegiatan inovatif dan lain sebagainya. Kondisi Khusus berkaitan dengan Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit Malaria meliputi gambaran kasus malaria 5 tahun terakhir, kegiatan pencegahan dan pemberantasan malaria yang dilakukan, hambatan dan tindak lanjut yang telah dilaksanakan. Sesi Tanya jawab langsung diadakan pada saat presentasi.

Acara dilanjutkan dengan wawancara dengan unit dan programer terkait oleh Tim Review untuk melihat telusur kegiatan, dilanjutkan dengan survei tempat perindukan nyamuk dan kelambu dilanjutkan pertemuan dengan masyarakat dan Lintas Sektor desa Hargotirto untuk wawancara langsung dan croscek kegiatan yang telah dilaksanakan.

Acara Tim Review Malaria dilanjutkan di tingkat Kabupaten meliputi paparan dari Dinas Kabupaten, kunjungan ke RSUD Wates dan Audiensi dengan PJ Bupati Kabupaten Kulon Progo.

Hits: 340

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *