Mulai 01 Februari 2019, Jamkesda KTP/KK Dihentikan

Berikut isi Surat Edaran Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo Nomor 440/189.

Bersama ini kami sampaikan bahwa dalam rangka Percepatan Jaminan Kesehatan menuju Universal Health Coverage (UHC) sesuai instruksi Presiden Nomor 8 tahun 2018, perlu disampaikan hal-hal yang berkaitan dengan Pelayanan UPT Jaminan Kesehatan sebagai berikut :

  1. Mulai tanggal 1 Februari 2019 UPT Jaminan Kesehatan (Jamkesda) tidak lagi melayani pengurusan Jaminan Kesehatan dengan persyaratan KTP/KK.
  2. Pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) hanya berlaku bagi penduduk miskin yang sudah didaftarkan ke BPJS menjadi peserta PBI APBD dan memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS).
  3. Tidak ada lagi pelayanan Jamkesda untuk rawat jalan maupun rawat inap di Puskesmas maupun Rumah Sakit kecuali yang sudah menjadi peserta PBI APBD.
  4. Bagi penduduk yang sudah terdaftardi P-Care namun belum memiliki kartu KIS agar tetap dilayani dan disarankan untuk mengurus kartu KIS ke kantor BPJS.
  5. Terhadap penduduk yang belum memiliki Jaminan Kesehatan diberlakukan sebagai pasien umum.
  6. Kepala UPT Puskesmas dan jajarannya supaya mensosialisasikan dan memotivasi masyarakat agar bersedia untuk mendaftarkan diri ke kantor BPJS Kabupaten Kulon Progo untuk menjadi peserta BPJS Mandiri.

Demikian Surat Edaran ini kami sampaikan untuk menjadikan perhatian dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Hits: 38

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *