Orientasi Kesehatan Reproduksi pada Remaja

Masa remaja merupakan masa pertumbuhan, perubahan dan sering kali menghadapi risiko-risiko kesehatan reproduksi. Permasalahan remaja yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi, sering kali berakar dari kurangnya informasi, pemahaman dan kesadaran untuk mencapai keadaan sehat secara reproduksi. Banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan hal ini, mulai dari pemahaman mengenai perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi, pemahaman mengenai proses-proses reproduksi serta dampak dari perilaku yang tidak bertanggung jawab seperti kehamilan tak diinginkan, aborsi, penularan penyakit menular seksual termasuk HIV.

Memanfaatkan masa libur sekolah, pada hari Rabu tanggal 11 Juli 2018, Puskesmas Kokap II mengadakan kegiatan Orientasi Kesehatan Reproduksi Pada Remaja yang dilaksanakan di Balai Desa Hargowilis dengan mengundang 58 remaja yang berdomisili di Desa Hargowilis dan Desa Hargotirto. Materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut diantaranya : Seks Pranikah oleh Sugiyanto, Infeksi Menular Seksual (IMS) oleh Cahyani Agustina serta Kesehatan Reproduksi & Perilaku Sehat Pada Remaja oleh dr. Violita.

Kegiatan orientasi tersebut bertujuan agar para remaja memiliki informasi yang benar mengenai proses reproduksi serta berbagai faktor yang ada disekitarnya. Dengan informasi yang benar, diharapkan remaja memiliki sikap dan tingkah laku yang bertanggung jawab mengenai proses reproduksi. Dalam hal ini Kesehatan reproduksi remaja adalah suatu kondisi sehat yang menyangkut sistem, fungsi dan proses reproduksi yang dimiliki oleh remaja. Pengertian sehat disini tidak semata-mata berarti bebas penyakit atau bebas dari kecacatan namun juga sehat secara mental serta sosial kultural.

Sebagaimana program yang dicanangkan oleh Pemerintah, Puskesmas Kokap II merupakan Puskesmas PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja) yang siap melayani/melaksanakan program PKPR diantaranya :

  1. Informasi seputar kesehatan remaja.
  2. Konsultasi kesehatan remaja.
  3. Pelatihan kespro remaja di sekolah.
  4. Pembinaan kelompok remaja.

Hits: 41

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *