“Pelatihan BHD (Bantuan Hidup Dasar) Terpadu” Puskesmas Kokap II dan Pengelola Kalibiru

Bantuan hidup dasar adalah tindakan darurat untuk membebaskan jalan napas, membantu pernapasan dan mempertahankan sirkulasi darah tanpa menggunakan alat bantu. Tujuan bantuan hidup dasar ialah untuk oksigenasi darurat secara efektif pada organ vital seperti otak dan jantung melalui ventilasi buatan dan sirkulasi buatan sampai paru dan jantung dapat menyediakan oksigen dengan kekuatan sendiri secara normal.

Tindakan bantuan hidup dasar sangat penting pada pasien dengan henti jantung yang tiga perempat kasusnya terjadi di luar puskesmas. Oleh karena itu, pada hari Rabu, 21 Agustus 2019 di Lokasi obyek wisata alam Kalibiru, Puskesmas Kokap II mengadakan pelatihan BHD Terpadu dengan pengelola obyek wisata Kalibiru. Pelatihan BHD diikuti oleh seluruh karyawan Puskesmas dan pengelola obyek wisata kalibiru. Dengan pelatihan ini diharapkan, seluruh staf UPTD Puskesmas Kokap II mampu dan memahami tentang bantuan hidup dasar terhadap penderita henti jantung, meningkatkan waktu tanggap pada penanganan kasus-kasus dengan kegawatdaruratan medis dan melakukan koordinasi sistem tanggap darurat secara terpadu dengan lintas sektor.

Fasilitator pelatihan BHD adalah dr. Akhmad Syaiful Fatah Husein, Sp.An beserta Tim dari RS Nyi Ageng Serang Kulon Progo. Kegiatan diawali dengan pre-test, arahan Kepala Puskesmas Kokap II dan dilanjutkan penyampaian materi tentang BHD oleh dr. Saiful. Kemudian peserta dibagi menjadi 3 kelompok dalam kegiatan praktik simulasi pertolongan kasus pasien henti jantung. Kelompok 1: tenaga medis puskesmas, kelompok 2: tenaga non medis, dan kelompok 3: pengelola kalibiru sebagai lintas sektor/masyarakat.

Pada akhir acara, diadakan simulasi BHD terpadu dari kasus pasien henti jantung di wilayah obyek kalibiru,  cara pertolongan dasar dari pengelola kalibiru, menghubungi puskesmas dan pertolongan dari tenaga kesehatan puskesmas. Selanjutnya diadakan kegiatan post-test sebagai bentuk evaluasi pemahaman peserta terhadap pelatihan yang baru saja diikuti.

Hits: 53

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *