Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

Kebakaran adalah nyala api baik kecil maupun besar pada tempat, situasi dan waktu yang tidak dikehendaki yang bersifat merugikan dan pada umumnya sulit untuk dikendalikan. Kebakaran juga termasuk dalam salah satu kategori kondisi/situasi darurat di lingkungan, baik dari luar maupun dalam lokasi tempat kerja.

Jumat, 16 Agustus 2019, Puskesmas Kokap II mengadakan pelatihan pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Pelatihan ini merupakan pelatihan ke-2 yang sebelumnya pernah diadakan, namun pelatihan kali ini selain diikuti seluruh karyawan puskesmas dan tim bencana dari masyarakat sekitar juga mengundang pengelola obyek wisata Kalibiru yang merupakan jejaring puskesmas dalam Upaya Kesehatan Kerja.

Narasumber Pelatihan  Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran ini berasal dari Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kulon Progo. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keahlian tentang teknik-teknik pencegahan dan penanggulangan kebakaran di tempat kerja, lingkungan sekitar atau lokasi obyek wisata yang notabene banyak dengan pepohonan.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Kepala Puskesmas dr. Melly dengan menyampaikan alasan pelatihan ini dilaksanakan serta perlunya dukungan keterlibatan masyarakat sekitar dalam penanggulangan bencana(kebakaran). Untuk itu dalam Tim Bencana Puskesmas melibatkan dari masyarakat sekitar.        Acara berikutnya penyampaian materi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran oleh Gito Waluyo dari Damkar Kulon Progo.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab. Penanya ke-1, Dr Melly menanyakan bagaimana cara menggunakan dan pemeliharaan APAR. Penanya ke-2, dari Kalibiru menanyakan bagaimana langkah-langkah penanganan kebakaran di hutan dekat dengan wisata. Penanya ke-3, Hadrotul ma’wa menanyakan sebagai ibu rumah tangga bagaimana cara penanganan jika kompor meledak. Di akhir acara, diadakan pelatihan pemadaman kebakaran menggunakan kain yang dibasahi dan menggunakan APAR di halaman Puskesmas Kokap II.

Hits: 87

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *