Pembentukan Posyandu Remaja di Wilayah Puskesmas Kokap II

PEMBENTUKAN POSYANDU REMAJA

DI WILAYAH PUSKESMAS KOKAP II

Posyandu Remaja atau Pos Pelayanan Terpadu Remaja adalah sebuah wadah Pos Kesehatan Remaja yang memfasilitasi dalam memahami seluk beluk remaja selama masa puber yang ditujukan kepada siswa dan remaja pada umumnya. Selain itu pos pelayanan terpadu remaja berfungsi juga sebagai sebuah wadah untuk memberi remaja kesempatan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya melalui pendekatan terpadu dari segi medis dan agamis.

Kamis, 26 April 2018 di Dusun Segajih Desa Hargotirto. Sesuai dengan program dari Kementrian Kesehatan, Puskesmas Kokap II memulai membentuk Posyandu Remaja dengan mengusung tema “Perilaku CERDIK : Masa Muda Sehat, Hari Tua Nikmat, Tanpa Penyakit Tidak Menular”. CERDIK adalah slogan kesehatan yang setiap hurufnya mempunyai makna yaitu; C=Cek kesehatan secara berkala, E=Enyahkan asap rokok, R=Rajin aktifitas fisik, D=Diet sehat dengan kalori seimbang, I=Istirahat cukup dan K= Kelola stress.

Tidak menunggu waktu yang lama, pada hari Sabtu 28 April 2018 Puskesmas Kokap II kembali membentuk Posyandu Remaja di Dusun Klepu Desa Hargowilis. Agenda pembentukan Posyandu Remaja di wilayah Puskesmas Kokap II ini akan terus dilaksanakan dalam periode tahun 2018.

Berikut dibawah ini merupakan tujuan dan kegiatan dari dibentuknya Posyandu Remaja.

Tujuan Posyandu Remaja adalah :

Kegiatan posyandu remaja terdiri dari :

  • Pelayanan kesehatan dasar seperti penimbangan dan pengukuran tekanan darah.
  • Penyuluhan tentang masalah Kespro Remaja dan permasalahan yang dialami remaja pada umumnya seperti NAPZA, seksualitas, HIV/AIDS dan lain-lain.

 

 

 

 

 

 

 

Referensi

  1. Perilaku CERDIK: Masa Muda Sehat, Hari Tua Nikmat, Tanpa Penyakit Tidak Menular, sehatnegeriku.kemkes.go.id, Diakses, 28 April 2018
  2. Posyandu Remaja, id.wikipedia.org, Diakses, 28 April 2018

Hits: 24

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *