RAPAT TINJAUAN MANAJEMEN

Kamis, 28 Maret 2019. UPTD Puskesmas Kokap II mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) untuk semester 2 Tahun 2018. Sebelumnya yaitu pada hari Senin dilakukan pertemuan Pra RTM untuk memperoleh input atau masukan sebagai bahan yang akan dibahas dalam pertemuan Tinjauan Manajemen.
Perlu diketahui bersama bahwa pertemuan tinjauan manajemen adalah pertemuan yang dilakukan oleh manajemen secara periodik untuk meninjau kinerja sistem manajemen mutu dan kinerja pelayanan/ penyelenggaraan kegiatan Puskesmas/ FKTP untuk memastikan kelanjutan, kesesuaian, kecukupan, dan efektifitas dari system manajemen mutu dan sistem pelayanan/ penyelenggaraan kegiatan UKM maupun UKP.
Sedangkan tujuan umum dari pertemuan tinjauan manajemen adalah untuk memastikan terselenggaranya pelayanan kesehatan yang bermutu melalui pembahasan permasalahan-permasalahan yang terkait dengan operasional FKTP secara bersama, melibatkan seluruh pegawai, dan dilaksanakan secara berkesinambungan.
Agenda RTM 2 yang dilaksanakan oleh Puskesmas Kokap II tersebut adalah sebagai berikut :
1. Pembukaan oleh PJ Mutu
2. Arahan dari Kepala Puskesmas
3. Evaluasi Tindak Lanjut Tinjauan Manajemen Semester II Tahun 2018
4. Pembahasan hasil audit internal
5. Pembahasan umpan balik/keluhan pelanggan (Pasien dan Linsek)
6. Hasil penilaian kepuasan pelanggan (IKM)
7. Hasil penilaian kinerja
8. Masalah-masalah operasional yang terkait dengan sistem manajamen mutu dan pelayanan baik UKP dan UKM
9. Rekomendasi untuk perbaikan dari seluruh agenda yang dibahas
10. Rencana perbaikan/perubahan yang perlu dilakukan
11. Penutup
Dalam kegiatan RTM 2, Ibu Kepala Puskesmas dr. Melly memberikan arahan yang isinya bahwa Kegiatan RTM adalah kegiatan untuk melihat mutu pelayanan. RTM menjadi wewenang Tim Mutu. Hasil RTM ini nantinya menghasilkan rekomendasi untuk perbaikan mutu dan bisa ditindaklanjuti sesuai penanggung jawab masing-masing. Setelah acara RTM selesai, hasil RTM agar segera dicetak dan disampaikan kepada Kepala Puskesmas.
Pada akhir acara ditutup oleh PJ Mutu dengan membacakan kesimpulan maupun rekomendasi untuk perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan.

Hits: 122

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *