Refreshing SIP (Sistem Informasi Posyandu)

REFRESHING SIP (SISTEM INFORMASI POSYANDU)

Sabtu, 12 Mei 2018, Puskesmas Kokap II mengadakan refreshing terkait SIP (Sistem Informasi Posyandu) yang dilaksanakan di Balaidesa Hargotirto. Kegiatan refreshing ini dihadiri oleh kader posyandu balita sebanyak 58 kader yang ada di Desa Hargotirto dan Desa Hargowilis. Kegiatan refreshing SIP ini salah satunya bertujuan untuk mengenalkan 7 format SIP, manfaat serta cara penggunaaan atau pengisiannya.

Perlu kita ketahui bersama, bahwa Sistem Informasi Posyandu (SIP) adalah tatanan dari berbagai komponen kegiatan Posyandu yang menghasilkan data dan informasi tentang pelayanan terhadap proses tumbuh kembang anak dan pelayanan kesehatan dasar ibu dan anak yang meliputi cakupan program, pencapaian program, kontinuitas penimbangan, hasil penimbangan dan partisipasi masyarakat.

Manfaat SIP

  1. Sebagai dasar acuan bagi Kader Posyandu untuk memahami permasalahan sehingga dapat mengembangkan kegiatan yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan sasaran.
  2. Sebagai informasi yang tepat guna dan tepat waktu mengenai pengelolaan Posyandu, agar berbagai pihak yang berperan dalam pengelolaan Posyandu dapat menggunakannya untuk membina Posyandu demi kepentingan masyarakat.

Macam-Macam Format SIP

  1. Catatan ibu hamil, kelahiran, kematian bayi dan kematian ibu hamil, melahirkan, nifas. Berisi catatan dasar mengenai sasaran Posyandu.
  2. Registrasi bayi dan balita di wilayah Posyandu. Berisi catatan pemberian tablet besi, Vitamin A, pemberian oralit, tanggal imunisasi, dan apabila bayi meninggal, maka perlu dicatat tanggal bayi meninggal di wilayah kerja Posyandu tersebut.
  3. Register WUS dan PUS di wilayah kerja Posyandu. Berisi daftar ibu hamil, catatan umur kehamilan, pemberian tablet tambah darah, imunisasi, pemeriksaan kehamilan, resiko kehamilan, tanggal dan penolong kelahiran, data bayi yang hidup dan meninggal, serta data ibu meninggal di wilayah kerja Posyandu.
  4. Register Ibu Hamil dan Nifas di wilayah kerja Posyandu. Berisi daftar wanita dan suami istri usia produktif yang memiliki kemungkinan mempunyai anak (hamil).
  5. Data Posyandu. Berisi catatan jumlah pengunjung (bayi, balita, WUS, PUS, ibu hamil, menyusui, bayi lahir dan meninggal), jumlah petugas yang hadir (kader Posyandu, kader PKK, PKB/PLKB, paramedic dan sebagainya.
  6. Data hasil kegiatan Posyandu. Berisi catatan jumlah ibu hamil yang diperiksa dan mendapat tablet tambah darah, jumlah ibu menyusui, peserta KB ulang yang dilayani, penimbangan balita, semua balita yang mempunyai KMS (K), balita yang timbangannnya naik dan yang di Bawah Garis Merah (BGM), balita yang mendapatkan Vitamin A, KMS yang dikeluarkan (dibagikan), balita yang mendapat sirup besi, dan imunisasi (DPT, polio, campak, hepatitis B) serta balita yang menderita diare

SUMBER REFERENSI :

Buku panduan kader posyandu untuk menuju keluarga sadar gizi, Jakarta : Kementerian Kesehatan RI. 2013

Download Lampiran Petunjuk Pengisian Data Manual Posyandu klik (disini)

Hits: 11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *