Sosialisasi dan Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)

Sebagai tempat layanan publik untuk kesehatan, lingkungan Puskesmas Kokap II sangat rentan terhadap penyebaran infeksi penyakit. Untuk itu perlu pengorganisasian program pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI) guna mengidentifikasi dan menurunkan risiko infeksi yang didapat serta ditularkan di antara pasien, staf, tenaga profesional kesehatan, tenaga kontrak, tenaga sukarela, mahasiswa, dan pengunjung. Risiko infeksi dan kegiatan program dapat berbeda dari satu fasyankes ke fasyankes lainnya bergantung pada kegiatan klinis dan pelayanan di puskesmas, populasi pasien yang dilayani, lokasi geografi, jumlah pasien, serta jumlah pegawai. Program PPI akan efektif apabila mempunyai pimpinan yang ditetapkan, pelatihan dan pendidikan staf yang baik, metode untuk mengidentifikasi serta proaktif pada tempat berisiko infeksi, kebijakan dan prosedur yang memadai, juga melakukan koordinasi ke seluruh puskesmas.

Untuk itu pada hari Sabtu, 29 November 2018 di Aula Puskesmas Kokap II diadakan Sosialisasi dan Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI). Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Tim PPI RSUD Wates. Acara dimulai dengan kegiatan pretest dan diakhiri dengan postest. Hasil pretest diperoleh nilai terendah 50 dan tertinggi 80. Sedangkan nilai postest rata-rata 80. Artinya ada peningkatan pengetahuan peserta setelah kegiatan Pengenalan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI).

Selain materi Pengenalan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) juga ada kegiatan praktik pelatihan memakai dan melepas sarung tangan dengan benar, serta pelatihan cuci tangan dengan benar yang dipraktikkan dengan memakai sarung tangan yang diberi cat akrilik sehingga akan kelihatan cuci tangan yang benar, sarung tangannya akan penuh dengan cat. Untuk selalu meningkatkan pengetahuan petugas, kegiatan terkait PPI ini akan ditindaklanjut lagi dengan pelatihan PPI lanjutan di waktu mendatang.

 

 

 

Hits: 337

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *